Pusat LPSE Selenggarakan Sosialisasi Perpres No.16 Tahun 2018

web-sos-pres

web-sos-pres

29/6/2018 5:31:03 PM

Jakarta, 28/06/2018 Kemenkeu – Pusat Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan Presiden No. 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah pada Kamis, 28 Juni 2018 bertempat di Gedung Dhanapala, Jakarta. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh sudah ditetapkannya Perpres tersebut, serta belum tersosialisakikan Perpres terebut bagi para pemimpin di lingkungan Kementerian Keuangan.

Acara ini diawali dengan laporan kegiatan oleh Sekretaris Jenderal, Hadiyanto. Pada laporannya, Ia menyampaikan tujuan diselenggarakan acara ini yaitu menyampaikan arah kebijakan nasional pengadaan barang/jasa pemerintah, meninggkatkan awareness para pemimpin akan pentingnnya pengadaan barang/jasa pemerintah, meningkatkan kapasitas SDM pengelola keuangan negara dan implementasi kebijakan pengadaan barang/jasa di lingkungan Kementerian Keuangan. Dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Dr. Ir. Agus Prabowo, M.Eng. yang menjelaskan secara garis besar perubahan Perpres tentang pengadaan barang/jasa pemerintah.

Sebagai Keynote Speech pada kegiatan ini adalah Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. Pada arahannya, Menkeu menghimbau seluruh jajaran Kementerian Keuangan secara berjenjang menaruh perhatian dalam melakukan penelaahan dan evaluasi proses dan alokasi penganggaran secara teliti dan strategis, serta dapat menjadi nahkoda dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah yang professional, modern dan jauh dari konflik kepentingan serta korupsi. Menkeu berharap jajaran pimpinan di lingkungan Kementerian Keuangan serta para peserta sosialisasi dapat memanfaatkan acara ini seoptimal mungkin dengan adanya para narasumber yang kompeten sebagai sarana belajar dan memperdalam Perpres 16 Tahun 2018 beserta aturan turunannya.

Nara sumber dalam sosialisasi ini adalah Dr. Robin Asad Suryo, M.A.(Deputi Bidang Pengembangan Strategi Dan Kebijakan LKPP) dan Ir. Fadli Arif, DESS (Direktur Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengadaan Umum LKPP). Sosialisasi dalam bentuk diskusi panel dengan moderator Kepala Pusat Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) N.E. Fatimah. Selain itu disampaikan juga materi tentang Pencegahan Korupsi di Bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah oleh Dr. Ir. Wawan Wardiana, M. T. (Direktur Litbang pada Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi).

Diharapkan dengan dilaksanakannya sosialisasi Perpres No. 16 Tahun 2018 ini dapat menjadi momentum transformasi pengadaan khususnya, dan mendorong perbaikan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di Republik ini pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.